Selasa, 20 Januari 2015

Jodoh Hadits 10

Syarah Hadits ke-10
Oleh Ustadz Arif Fathul Ulum, LC

بسم اللّه. الْحَمْدَ لله والصلاة و السلام على رسول الله و على آله و أصحابه ومن واله و سلم تسليما كثيرا. أما بعد.

قَدْ قَالَ رسول الله صلّى اللّه عليه وسلّم : اَلْمَسْجِدُ بَيْتُ كُلِّ مُؤْمِنٍ

Rasulullah صلّى اللّه عليه وسلّم bersabda: Masjid adalah rumah bagi setiap mu'min.

Ini adalah hadits yang shahih yang tsabit dari Rasulullah صلّى اللّه عليه وسلّم yaitu bahwasanya masjid adalah rumah setiap mu'min. Yaitu bahwa keadaan seorang mu'min adalah selalu lekat hatinya dengan masjid, berupaya bersegera ke masjid, dekat dengan masjid dan menjaga masjid tersebut sebagaimana dia berbuat terhadap rumahnya.

Dan datang hadits yang masyhur yaitu hadits

سَبْعَةٌ يُظِلُّهُمْ اللَّهُ تَعَالَى فِي ظِلِّهِ يَوْمَ لَا ظِلَّ إِلاَّ ظِلُّهُ

Hadits tentang 7 kelompok manusia yang Allah menaungi mereka pada hari kiamat yang tidak ada naungan kecuali naungan Allah سبحانه وتعالى. Diantara 7 orang tersebut adalah
رَجُلٌ قَلْبُهُ مُعَلَّقٌ فِي الْمَسَاجِدِ

Seorang laki-laki yang hatinya selalu tergantung (lekat) dengan masjid yang dia menjadikan masjid sebagaimana rumahnya yang dia berlindung kepadanya, dia dekat kepadanya, dia menggantungkan harapan kebaikan padanya. Yang ini menunjukkan bahwa dia orang yang banyak beribadah kepada Allah سبحانه وتعالى karena sesungguhnya masih dipatuhi beribadah kepada Allah, dibangun untuk keta'atan kepada Allah سبحانه وتعالى, untuk beribadah di dalamnya, untuk shalat, tilawatul qur'an dan ibadah yang lain dan i'tikaf dan yang lainnya.

Yang juga dalam riwayat yang lain bahwa Rasulullah صلّى اللّه عليه وسلّم bersabda:

الْمَسْجِدُ بَيْتُ كُلِّ تَقِيٍّ

Masjid adalah rumah setiap orang yang bertaqwa.

Ini menunjukkan bahwa masjid tempat berlindung orang-orang bertaqwa. Maka sifat orang yang bertaqwa ketika mereka dekat dengan masjid Allah سبحانه وتعالى karena masjid itulah dia akan melaksanakan ibadah kepada Allah سبحانه وتعالى dan juga dari hadits ini para ulama mengambil dalil tentang bolehnya seorang mu'min berdiam di masjid dan melaksanakan perkara-perkara yang dibolehkan, mengambil manfaat dari masjid tersebut dari makan, minum, duduk, tidur dan sebagainya, yang dibolehkan seseorang berada di dalam masjid.

Dan bahwasanya pada zaman Rasulullah صلّى اللّه عليه وسلّم sebagian shahabat yang fuqara, yang fakir, yaitu ahlush shuffah, Rasulullah menempatkan mereka dalam masjid, di masjid Nabawi yakni menunjukkan juga tentang bolehnya seorang berdiam di masjid karena masjid adalah rumah setiap mu'min.

Kemudian juga yang perlu diketahui bahwa masjid memiliki kehormatan dan keutamaan meskipun dia juga adalah milik setiap mu'min dan rumah setiap mu'min tetapi ada kehormatan masjid yang wajib untuk dipenuhi yaitu tidak boleh seseorang melaksanakan hal-hal yang dilarang dimasjid seperti mengumumkan barang yang hilang, ataupun dia menjadikan masjid sebagai tempat untuk membicarakan masalah-masalah duniawi, yang ini dilarang oleh Rasulullah صلّى اللّه عليه وسلّم. Bahkan Rasulullah صلّى اللّه عليه وسلّم ketika melihat orang yang berdagang di masjid maka Beliau menyatakan dan mendo'akan kejelekan padanya semoga Allah tidak memberikan keuntungan padanya.

Ini menunjukkan bahwa masjid dibangun untuk ibadah kepada Allah سبحانه وتعالى dan setiap mu'min adalah memiliki hak untuk berdiam diri di masjid dan dia juga wajib untuk menghormati masjid dan memuliakannya, memakmurkannya dengan ibadah kepada Allah سبحانه وتعالى.

Inilah yang bisa kita ambil dari faidah hadits ini, semoga Allah سبحانه وتعالى menjadikan kita orang yang lekat hatinya dengan masjid dan menjadikan kita termasuk orang-orang yang memakmurkan masjid Allah سبحانه وتعالى dengan keta'atan kepadaNya dan ibadah kepadaNya dan menjauhkan masjid dari perkara-perkara yang dilarang Allah سبحانه وتعالى, membersihkan masjid dari perkara-perkara yang selayaknya masjid dibersihkan darinya dari perkataan-perkataan dusta, dari kebid'ahan, dari perkataan kesyirikan dan hal-hal yang dilarang Allah سبحانه وتعالى.

و آخر دعونا، الحمد لله رب العالمين.

السلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته.

https://www.dropbox.com/s/a2ig1g5gfn3mrq8/Hadits%20ke%2010.aac?dl=0

Tidak ada komentar:

Posting Komentar