Selasa, 20 Januari 2015

Jodoh Hadits 3

Syarah Hadits ke-3
Oleh Ustadz Arif Fathul Ulum, LC

بسم اللّه. الْحَمْدَ لله والصلاة و السلام على رسول الله و على آله و أصحابه ومن واله و سلم تسليما كثيرا. أما بعد.

قَدْ قَالَ رسول الله صلّى اللّه عليه وسلّم  اتَّقُوا النَّارَ وَلَوْ بِشِقِّ تَمْرَةٍ ، فَإِنْ لَمْ تَجِدُوا فَبِكَلِمَةٍ طَيِّبَةٍ

Jagalah diri kalian dari neraka walaupun hanya dengan seserpih kurma.

Ini hadits yang shahih, yang agung yang datang dari Rasulullah صلّى اللّه عليه وسلّم, yang mana Rasulullah صلّى اللّه عليه وسلّم menyatakan:

اتَّقُوا النَّارَ وَلَوْ بِشِقِّ تَمْرَة

Bertakwalah kalian Allah, jagalah diri kalian dari api neraka walaupun dengan seserpih kurma.

Yang hadits ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari Muslim dalam kedua Shahihnya, yang kemudian juga dalam riwayat dari keduanya (yaitu Al Imam Bukhari dalam Shahihnya, yang lebih lengkap, bahwasanya Rasulullah صلّى اللّه عليه وسلّم bersabda:

مَا مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ إِلاَّ سَيُكَلِّمُهُ اللَّهُ رَبُّهُ لَيْسَ بَيْنَهُ وَبَيْنَهُ تُرْجُمَانٌ فَيَنْظُرُ أَيْمَنَ مِنْهُ فَلاَ يَرَى إِلاَّ مَا قَدَّمَ وَيَنْظُرُ أَشْأَمَ مِنْهُ فَلاَ يَرَى إِلاَّ مَا قَدَّمَ وَيَنْظُرُ بَيْنَ يَدَيْهِ فَلاَ يَرَى إِلاَّ النَّارَ تِلْقَاءَ وَجْهِهِ فَاتَّقُوا النَّارَ وَلَوْ بِشِقِّ تَمْرَةٍ فَمَنْ لَمْ يَجِدْ فَبِكَلِمَةٍ طَيِّبَةٍ

Tidak ada seorangpun dari kalian melainkan akan diajak bicara oleh Rabbnya, tidak ada antara dia dan Allah penerjemah langsung, maka kemudian dia melihat ke arah kanannya, ternyata dia tidak melihat kecuali apa yang telah dia amalkan di dunia. Dan dia melihat sebelah kirinya tidaklah dia melihat kecuali apa yang telah diamalkan di dunia. Kemudian dia melihat dihadapannya ternyata tidak melihat kecuali neraka yang berada dihadapannya. Maka hendaknya kalian menjaga diri dari api neraka dengan walaupun bershadaqah dengan seserpih kurma. Siapa yang tidak mendapati itu maka dengan kalimat yang baik.

Ini hadits yang agung yang menjelaskan tentang keutamaan dari shadaqah meskipun shadaqah ini sangat sedikit sekali. Meskipun Rasulullah menyatakan walaupun hanya dengan seserpih kurma بِشِقِّ تَمْرَة, yang شِق ini disebutkan dalam Kitab AnNihayah fii Ghaaribil Hadits ay nishfu tamrah (separuh dari kurma), atau disebutkan lebih sedikit dari itu, hanya seserpih kurma. Ketika seseorang bershadaqah, maka shadaqah ini akan menyelamatkan dia dari neraka.

Dan di antara hadits yang lain yang menyebutkan keutamaan dari shadaqah bahwasanya Rasulullah صلّى اللّه عليه وسلّم bersabda:

إِنَّ الصَّدَقَةَ تُطْفِئُ الْخَطِيئَةَ كَمَا يُطْفِئُ الْمَاءُ النَّارَ

Sesungguhnya shadaqah akan mematikan dari kesalahan sebagaimana api dimatikan oleh air.

Sebagaimana air mematikan api demikian juga shadaqah akan mematikan api neraka dengan sebab shadaqah tersebut.

Kaum mu'minin yang dirahmati Allah سبحانه وتعالى, maka disini hadits yang agung yang menunjukkan kepada kita sebuah perkara yang penting sekali yaitu agar kita selamat dari neraka yang begitu berbahaya, yang begitu mengerikan, yang tidak pernah seorang bisa membayangkan betapa ngerinya neraka. Yang Adzab neraka yang teringan, yang paling ringan yaitu adzab Abu Thalib ketika seorang meletakkan kakinya di api neraka maka langsung mendidih otaknya. Ini adzab yang paling ringan. Ini menunjukkan tentang bagaimana ngerinya api neraka, yang wajib atas kita semua untuk berlindung kepada Allah dari neraka, berlindung diri kita dari neraka. Dan Rasulullah صلّى اللّه عليه وسلّم memberikan jalan yang mudah, yang tidak sulit, dalam hadits ini bahwasanya dengan cara seseorang bershadaqah walaupun sangat sedikit sekali akan bisa melindungi dirinya dari api neraka. Rasulullah bersabda:

اتَّقُوا النَّارَ وَلَوْ بِشِقِّ تَمْرَةٍ

Jagalah diri kalian dari neraka walaupun dengan seserpih kurma.

Ini akan bermanfaat, yang ini menunjukkan bahwasanya seseorang tidak boleh meremehkan shadaqah meskipun sedikit karena shadaqah ini akan bisa melindungi pelakunya dari api neraka.

Hadits ini juga menunjukkan tentang rahmat Allah yang agung yang sangat luas kepada hambaNya yang Allah berikan kemudahan kepada pata hambaNya untuk melindungi dari neraka yaitu dengan bershadaqah, yang shadaqah ini tidak dihitung dinilai dengan besarnya tapi bagaimana dia beri'tikad beribadah kepada Allah dan ikhlash yang akan dinilai oleh Allah سبحانه وتعالى meskipun sedikit maka akan dinilai oleh Allah dan disebutkan oleh Rasulullah صلّى اللّه عليه وسلّم akan bisa melindungi pelakunya dari api neraka.

Kaum mu'minin yang dirahmati Allah سبحانه وتعالى, dan dinyatakan oleh Syaikh Abdul Muhsin Al'Abbad AlBadr حفظه اللّه bahwa:

أَلصَّدَقَةُ مِنْ أَسْبَابِ السّلاَمَةِ مِنَ الْعَذَابِ وَ السُّوْءِ

Bahwa shadaqah diantara sebab-sebab keselamatan dari adzab dan kejelekan-kejelekan.

Sesuai dengan lafal hadits ini yang Rasulullah صلّى اللّه عليه وسلّم menyatakan: Jagalah diri kalian, lindungilah diri kalian dari api neraka walaupun hanya dengan bershadaqah dengan seserpih kurma.

Kaum mu'minin yang dirahmati Allah سبحانه وتعالى, ini adalah hadits yang agung yang selayaknya kita tidak menyia-nyiakan dari kesempatan ini, yaitu melindungi diri kita dari api neraka dengan shadaqah walaupun sedikit, yang dibarengi ikhlash Allah سبحانه وتعالى dengan niat semata kepada Allah, bukan untuk dilihat oleh manusia. Ini yang akan bisa melindungi kita dari api neraka. Akan menjaga kita dari api neraka yang begitu ngeri adzabnya.

Kaum mu'minin yang dirahmati Allah سبحانه وتعالى, semoga Allah سبحانه وتعالى selalu memberikan taufiq kepada kita untuk bisa melaksanakan petunjuk kebaikan.

Semoga Allah menjadikan kita termasuk yang bershadaqah kepada Allah سبحانه وتعالى walaupun hanya dengan sedikit, yang semoga Allah menerima seluruh amal kita.

بارك الله فيكم.

الحمد لله رب العالمين.

السلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته.
https://www.dropbox.com/s/qvkegatilfhp6en/Hadits%20ke%203.aac?dl=0

Tidak ada komentar:

Posting Komentar