Rabu, 28 Januari 2015

Jodoh Hadits 42

Syarah Hadits ke-42
Oleh Ustadz Arif Fathul 'Ulum, LC

بسم اللّه. إِنَّ الْحَمْدَ لله نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوْذُ بلله مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ الله فَلَا مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إله إلا الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ صلى الله عليه و على آله و أصحابه ومن واله و سلم تسليما كثيرا. أما بعد.

قَدْ قَالَ رسول الله صلّى اللّه عليه وسلّم: تَبَسُّمُكَ فِي وَجْهِ أَخِيكَ لَكَ صَدَقَةٌ

Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam bersabda: "Senyummu di wajah saudaramu adalah shadaqah bagimu.”

Hadits ini hadits yang shahih yang diriwayatkan oleh Bukhari dalam Adabul Mufrad, Imam Tirmidzi dalam Jami’nya dan Ibnu Hibban di dalam Shahihnya dan dinyatakan shahih oleh Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani di dalam Shahih Al-Jāmi' AshShaghīr.

Hadits yang agung ini menunjukkan kepada kita tentang pentingnya berwajah yang berseri, tersenyum di wajah saudara kita kaum mukminin, yaitu menampakkan perasaan yang senang, ketika menghadap wajahnya, yang ini merupakan sadaqoh dari kita kepada saudara kita. Sebagaimana hadits yang datang dari Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam yang shahih ini, maka ketika kita bertemu dengan saudara kita dengan wajah yang berseri dengan tersenyum maka akan diberi pahala sebagaimana pahala atas sadaqah, yang kita lakukan karena Allāh Subhānahu wa Ta'ālā.

Berkata sebagian ulama bahwa tersenyum dan wajah berseri, wajah yang berseri-seri adalah atsar (tanda) dari kecerahan hati, yang Allāh berfirman dalam kitabnya:

وجوه يومئذ مسفرة. ضاحكة مستبشرة

Wajah-wajah pada hari itu bercahaya, yang mereka tertawa, bergembira, berseri.

Berkata Ibnu 'Uyainah rahimahullāhu Ta'ālā: “Wajah yang berseri, keceriaan akan mendatangkan kepada perasaan yang disayang, kebajikan.”

Kaum mu'minīn yang dirahmati Allāh Subhānahu wa ta'ālā,  hadits yang agung ini menunjukkan pada kita diantara jalan-jalan kebaikan, jalan untuk bershadaqah yaitu bahwa islam memberikan kelapangan dan pintu yang banyak bagi setiap mu'min untuk bersadaqoh.

Ketika dia tidak mampu melakukan shadaqah dengan hartanya maka dia bisa dan mampu bershadaqah dengan sikap yang baik, dengan senyumnya dihadapan saudaranya, yang ini tidak membutuhkan biaya yang besar, tidak membutuhkan tenaga yang banyak, yang ini merupakan perkara yang mudah, jika dia mengingatkan ini semata-mata pada Allāh Subhānahu wa Ta'ālā, maka akan mendapatkan pahala dari Allāh Subhānahu wa Ta'ālā.

Kaum mu'minīn yang dirahmati Allāh Subhānahu wa ta'ālā, arti تبسم (tersenyum) sebagaimana dijelaskan oleh para ulama yaitu menampakkan gigi, atau tersenyum dengan tanpa suara.

Yang ini bukan merupakan perkara yang sulit bagi kita semua untuk melakukannya. Yang ketika seorang meniatkan ini semata karena Allāh Subhānahu wa Ta'ālā maka akan dinilai sebagai shadaqah kita kepadanya, yang shadaqah akan bisa menghapus dari kesalahan. Sebagaimana air akan bisa memadamkan api, sebagaimana hadits yang shahih dari Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam.

Kaum mu'minīn yang dirahmati Allāh Subhānahu wa ta'ālā, maka marilah kita semua berupaya untuk melaksanakan petunjuk Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam.

Dan sesungguhnya ketika kita berniat kebaikan maka ajaran kebaikan banyak sekali. Dengan kita sekedar menampakkan wajah yang berseri dan senyum kepada saudara kita dihitung shadaqah oleh Allāh Subhānahu wa Ta'ālā. Apalagi kita mampu melakukan lebih dari itu jelas lebih besar pahalanya di sisi Allāh Subhānahu wa Ta'ālā.

Bahwasanya meremehkan dari kebaikan walaupun sekedar menampakkan wajah yang berseri yang menyenangkan hati saudara kita, itu dinilai shadaqah oleh Allāh Subhānahu wa Ta'ālā.

Semoga Allāh selalu memberikan taufik kepada kita untuk bisa melakukan kebaikan, untuk melakukan sikap yang baik dan wajah yang berseri dihadapan saudara kita sehingga dinilai shadaqah oleh Allāh Subhānahu wa Ta'ālā.

و صلى الله على محمد و على آله و صحبه أجمعين.

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

السلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته


Tidak ada komentar:

Posting Komentar