Kamis, 22 Januari 2015

Jodoh Hadits 12

Syarah Hadits ke-12
Oleh Ustadz Arif Fathul 'Ulum, LC

بسم اللّه. الْحَمْدَ لله والصلاة و السلام على رسول الله و على آله و أصحابه ومن واله.

قَدْ قَالَ رسول الله صلّى اللّه عليه وسلّم: إِذَا سَمِعْتَ النِّدَاءَ فَأَجِبْ دَاعِيَ اللَّهِ.

Jika engkau mendengar seruan adzan maka penuhilah dari seruan Allah tersebut.

Ini adalah hadits yang agung yang shahih dari Rasulullah صلّى اللّه عليه وسلّم yang menunjuklan tentang sikap yang benar bagi setiap mu'min yaitu wajibnya memenuhi seruan Allah سبحانه وتعالى.

Yang dimaksud "nida" disini dalam hadits ini (إِذَا سَمِعْتَ النِّدَاءَ, jika engkau mendengar seruan). Para ulama menjelaskan bahwa "nida" disini umum bagi setiap seruan Allah سبحانه وتعالى baik seruan untuk shalat yaitu adzan ataupun seruan untuk jihad atau seruan kepada ibadah yang lain. Yang mana Allah سبحانه وتعالى memerintahkan setiap mu'min agar memenuhi seruan Allah سبحانه وتعالى. Dan juga memenuhi seruan Rasulullah صلّى اللّه عليه وسلّم.

Allah سبحانه وتعالى berfirman di dalam kitabNya:

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَجِيبُوا لِلَّهِ وَلِلرَّسُولِ إِذَا دَعَاكُمْ لِمَا يُحْيِيكُمْ..

Wahai orang yang beriman penuhilah dari seruan Allah dan RasulNya ketika menyeru kalian kepada apa yang menghidupkan kalian, yaitu keta'atan kepada Allah سبحانه وتعالى. (AlAnfal 24)

Karena sesungguhnya yang menghidupkan manusia, menghidupkan ruh manusia adalah keta'atan kepada Allah سبحانه وتعالى. Maka dalam ibadah merupakan kehidupan bagi manusia yang akan menghidupkan ruhnya, kehidupan yang sebenarnya.

Kaum mu'minin yang dirahmati Allah سبحانه وتعالى maka Allah memerintahkan agar setiap mu'min memenuhi seruan Allah سبحانه وتعالى. Karena dalam seruan itu didapat kebahagiaan, didapat kebaikan bagi dirinya yang mana tidaklah menyeru kecuali kepada kebaikan, tidaklah menyeru kecuali kepada perkara yang menyibukkan dari dirinya, yang akan menyiram hatinya sehingga dia hidup dalam keta'atan kepada Allah سبحانه وتعالى.

Dan juga telah datang beberapa ibadah yang Allah menyeru kaum mu'minin untuk melaksanakannya seperti shalat yang diberi seruan untuk shalat, yaitu al-adzan, yang ketika seorang mendengar adzan maka dia wajib untuk memenuhi panggilan tersebut. Kemudian juga ketika Allah menyeru untuk melaksanakan ibadah kepada Allah سبحانه وتعالى sebagai firman Allah dalam kitabNya:

وَأَذِّن فِي النَّاسِ بِالْحَجِّ

Umumkanlah kepada manusia untuk berhaji. (AlHajj 27)

Yang Rasulullah menjelaskan kepada kaum muslimin, Wahai manusia, Allah telah memerintahkan untuk berhaji (menyeru kalian untuk berhaji) maka penuhilah seruan Allah سبحانه وتعالى.

Demikian juga ketika ada seruan jihad, maka tidak ada jalan bagi setiap mu'min kecuali mengikuti/memenuhi/menjawab dari seruan tersebut karena itu merupakan kebaikan dan mashlahat bagi dirinya.

Kaum mu'minin yang dirahmati Allah سبحانه وتعالى, maka sikap setiap mu'min adalah selalu mengikuti seruan Allah سبحانه وتعالى, memenuhi panggilan Allah سبحانه وتعالى didalam keta'atan yang ini merupakan perkara yang sangat menghidupkan kita semua, kehidupan yang sebenarnya karena kehidupan yang sebenarnya adalah keta'atan kepada Allah سبحانه وتعالى di dunia dan di akhirat, inilah kehidupan yang sebenarnya.

Adapun ketika seorang meninggalkan keta'atan maka hakikatnya dia berada dalam kematian. Karena itulah dinyatakan AlQur'an, menghidupkan hati manusia karena AlQur'an inilah adalah perintah untuk melakukan keta'atan kepada Allah سبحانه وتعالى dan juga kemaksiatan akan melemahkan, membuat sakit, akan mematikan usia karena akan menjauhkan keta'atan kepada Allah سبحانه وتعالى

Maka hakikat sebenarnya dari kehidupan adalah dalam keta'atan kepada Allah سبحانه وتعالى.

Kaum mu'minin yang dirahmati Allah سبحانه وتعالى, inilah yang bisa kita ambil dari faidah hadits ini.

Semoga Allah سبحانه وتعالى menjadikan kita termasuk orang-orang yang selalu memenuhi panggilan Allah سبحانه وتعالى agar kita mendapatkan kebahagiaan hidup dunia kita.

و آخر دعونا، الحمد لله رب العالمين

و صلى الله على محمد و على آله و صحبه أجمعين.

السلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته

https://www.dropbox.com/s/mmszfaoq9661gin/Hadits%20ke%2012.aac?dl=0

Tidak ada komentar:

Posting Komentar