Minggu, 01 Februari 2015

Jodoh Hadits 48

Syarah Hadits ke-48
Oleh Ustadz Arif Fathul 'Ulum, LC

بسم اللّه. إِنَّ الْحَمْدَ لله نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوْذُ بلله مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ الله فَلَا مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إله إلا الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ صلى الله عليه و على آله و أصحابه ومن واله و سلم تسليما كثيرا. أما بعد.

قَدْ قَالَ رسول الله صلّى اللّه عليه وسلّم: اقْرَءُوا سُورَةَ الْبَقَرَةِ فِي بُيُوتِكُمْ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ لَا يَدْخُلُ بَيْتًا يُقْرَأُ فِيهِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ

Bacalah kalian surat Al-Baqarah dalam rumah-rumah kalian karena sesungguhnya syaithan tidak akan memasuki rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah di dalamnya.

Hadits ini diriwayatkan Al-Hakim di dalam Mustadrak, dan Al-Bayhaqi dalam Syu'abul Iman dan dinyatakan shahih oleh Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani di dalam Shahih Al-Jāmi' AshShaghīr.

Hadits ini menunjukkan keutamaan dari surat Al-Baqarah, yang mana Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam menyatakan bahwa dengan dibaca surat Al-Baqarah maka syaithan tidak akan masuk ke dalam rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah tersebut.

Dan didalam hadits yang lain Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam memerintahkan agar membacakan surat Al-Baqarah, beliau bersabda:

لَا تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْفِرُ مِنَ الْبَيْتِ الَّذِي تُقْرَأُ فِيهِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ

Janganlah kalian menjadikan rumah-rumah kalian sebagai kuburan-kuburan, sesungguhnya syaithan akan lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah di dalamnya.

Kaum mu'minīn yang dirahmati Allāh Subhānahu wa ta'ālā, hadits yang agung ini menunjukkan tentang pentingnya membaca surat Al-Baqarah yaitu akan menjadikan syaithan lari dari rumah kita, yang kita bacakan Al-Baqarah tersebut.

Dan juga keutamaan dari surat Al-Baqarah ini yang mana barang siapa yang tidak membaca surat Al-Baqarah maka seakan-akan rumahnya seperti kuburan. Seperti hadits Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam yaitu tidak sah shalat di dalamnya sebagaimana datang hadist larangan sholat di kuburan.

Kaum mu'minīn yang dirahmati Allāh Subhānahu wa ta'ālā, maka hadits ini menunjukkan bahwa syaithan akan lari di rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah di dalamnya, tidak akan mendekatinya.

Kata Syaikh Muhammad Al-'Utsaimin bahwa sebab hal tersebut karena di dalam surat Al-Baqarah ada ayatul kursi, yang di dalam hadits yang shahih bahwa dengan membaca ayat kursi maka seseorang akan terjaga dari syaithan malamnya sampai paginya. Kemudian juga surat Al-Baqarah mengandung banyak sekali keutamaan di dalamnya terdapat ayat kursi yang mengandung sifat-sifat, nama-nama Allāh Subhānahu wa Ta'ālā, yang juga terdapat nama Allāh yang agung, yang ketika seorang berdo'a maka akan dikabulkan Allāh Subhānahu wa Ta'ālā, yang ini juga menunjukkan tentang keutamaan dari surat Al-Baqarah ini.

Kaum mu'minīn yang dirahmati Allāh Subhānahu wa ta'ālā, maka dengan kita membiasakan membaca Alqurān khususnya surat Al-Baqarah ini akan menjaga rumah-rumah kita dari datangnya syaithan sebagaimana dalam hadits ini syaithan akan lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah di dalamnya.

Kaum mu'minīn yang dirahmati Allāh Subhānahu wa ta'ālā, marilah kita menghidupkan rumah kita dengan Kitabullāh, menjaga rumah kita dari datangnya syaithan dengan membacakan Al-Baqarah dan tidak menjadikan rumah kita sebagai kuburan yang tidak pernah dibacakan Alqurān di dalamnya, tidak pernah dilakukan ibadah di dalamnya, yang Allāh Subhānahu wa Ta'ālā akan memberkahi rumah yang dibacakan Kitabullāh, ayat-ayatNya dan juga akan memberkahi rumah yang didalamnya banyak dilakukan ibadah kepada Allāh Subhānahu wa Ta'ālā.

Kaum mu'minīn yang dirahmati Allāh Subhānahu wa ta'ālā, inilah hadits yang agung yang menunjukkan tentang keutamaan dari surat Al-Baqarah yang disebutkan oleh para ulama, bahwa maksud dibacakan disini surat Al-Baqarah secara keseluruhan, dan didalamnya terdapat ayat kursi yang tadi kita sebutkan keutamaannya. Dan maksud dibacakan Al-Baqarah adalah dibacakan secara langsung meskipun juga datang penjelasan dari sebagian ulama, kalau memang tidak mampu seseorang membaca Al-Baqarah secara langsung kemudian dia bisa menyetel, menghidupkan tape atau alat pemutar audio yang bisa memperdengarkan Alqurān maka beliau menyatakan yang zhahir bahwa termasuk mendapat keutamaan ini, yaitu syaithan akan lari dari rumah yang dibacakan Al-Baqarah meskipun dari alat perekam atau pemutar audio tersebut, meskipun jelas ketikq seorang membaca langsung maka ini lebih utama sebagaimana yang telah dijelaskan oleh Syaikh 'Utsaimin rahimahullāh Ta'ālā. Beliau menyatakan:

أنه يحصل بقراءة سورة البقرة كلها من المذياع أو من صاحب البيت ما ذكره النبي صلى الله عليه وسلم من فرار الشيطان من ذلك البيت

Wallāhu a'lam bahwa dengan dibacakan Al-Baqarah dari radio atau dari pemilik rumah maka masuk di dalam hadits Nabi shallallāhu 'alayhi wa sallam sesungguhnya syaithan akan lari dari rumah yang dibacakan Al-Baqarah tersebut.

Kaum mu'minīn yang dirahmati Allāh Subhānahu wa ta'ālā, marilah kita memperbanyak dzikrullāh, memperbanyak membaca Alqurān, baca Al-Baqarah di dalam rumah kita sehingga syaithan akan lari dan juga menjauhkan dari suara-suara yang akan datang bisikan dari syaithan, dari seruling syaithan, musik-musik yang diharamkan oleh Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam.

والله أعلم بالصواب

و صلى الله على محمد و على آله و صحبه أجمعين.

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

السلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته

Tidak ada komentar:

Posting Komentar