Jumat, 23 Januari 2015

Jodoh Hadits 18

Syarah Hadits ke-18
Oleh Ustadz Arif Fathul Ulum, LC

بسم اللّه. إِنَّ الْحَمْدَ لله نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوْذُ بلله مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ الله فَلَا مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إله إلا الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ صلى الله عليه و على آله و أصحابه ومن واله و سلم تسليما كثيرا. أما بعد.

قَدْ قَالَ رسول الله صلّى اللّه عليه وسلّم: ارْحَمْ مَنْ فِي الأَرْضِ يَرْحَمْكَ مَنْ فِي السَّمَاءِ

Rahmatilah orang yang dimuka bumi niscaya Allah yang dilangit akan merahmatimu.

Ini hadits yang agung yang shahih dari Rasulullah صلّى اللّه عليه وسلّم yang diriwayatkan oleh AthThabrani dalam Al-Mu'jam AlKabir dan dishahihkan oleh Syaikh Muhammad Nashiruddin AlAlbani dalam Shahih Jami' AshShaghiir.

Kaum mu'minin yang dirahmati Allah سبحانه وتعالى, hadits yang agung ini menunjukkan bahwa balasan sesuai dengan amalan. Ketika seseorang merahmati manusia maka Allah akan merahmatinya. Yang ini merupakan bahwa balasan sesuatu sesuai dengan perbuatannya. Dan ini banyak sekali dalam Alqur'an dan AsSunnah.

هَلْ جَزَاءُ الْإِحْسَانِ إِلَّا الْإِحْسَانُ

Adakah balasan yang baik kecuali kebaikan? (ArRahmaan 60)

Kemudian juga hadits ini menunjukkan tentang suatu sifat yang agung dari sifat Allah سبحانه وتعالى. Sifat yang wajib kita imani yaitu bahwasanya Allah سبحانه وتعالى memiliki sifat Rahmah, merahmati kepada siapa yang pantas dirahmati oleh Allah سبحانه وتعالى.

Dan diantara nama Allah yang mudah adalah ArRahmaan wa Rahiim, yang mengandung sifat rahmah. Yang hadits ini menunjukkan bahwa Allah memiliki sifat rahmah, merahmati siapa yang Dia kehendaki, yang pantas dirahmati Allah سبحانه وتعالى. Diantara orang-orang yang merahmati, mengasihi, menyayangi manusia, maka Allah akan merahmatinya, yakni sesuai dengan perbuatannya.

Kaum mu'minin yang dirahmati Allah سبحانه وتعالى, hadits yang agung ini juga menunjukkan perkara penting yang merupakan akidah setiap mu'min yang wajib diyakini yaitu akidah yang disepakati oleh kaum mu'minin dari para shahabat, para imam, para ulama sunnah yaitu bahwasanya Allah berada di langit.

Hadits ini menyatakan:

ارْحَمْ مَنْ فِي الأَرْضِ يَرْحَمْكَ مَنْ فِي السَّمَاءِ

Rahmatilah orang yang di muka bumi maka Allah yang dilangit akan merahmatimu.

Ini menunjukkan bahwa Allah berada di atas langitNya, dia atas seluruh makhluqNya, karena Allah di atas 'Arsy ('arsy ada diatas seluruh langit) yang menunjukkan sifat a'azhu yang menunjukkan sifat keagungan Allah سبحانه وتعالى.

Berkata Ibnu Baththal رحمه اللّه:

الْحَضُّ عَلَى اسْتِعْمَالِ الرَّحْمَةِ لِجَمِيْعِ الْخَلْقِ

Hadits ini menunjukkan hasungan untuk menggunakan rahmat kepada seluruh makhluq. Dan ini jelas maksudnya adalah yang pantas dirahmati, yang berhak mendapat rahmat yaitu sebagaimana hadits ini, orang yang merahmati manusia, maka dirahmati Allah سبحانه وتعالى.

Dan rahmat kepada setiap manusia sesuai dengan kondisinya, rahmat kepada kaum mu'minin dengan sebab Allah memerintahkan kita selalu merahmati kaum mu'minin dan dengan sebab karena mereka menjalankan keta'atan kepada Allah سبحانه وتعالى.

Dan rahmat kepada orang kafir adalah menyebarkan Islam kepadanya, mengajak dia kepada jalan yang benar, menyelamatkan dari neraka dengan mengajak dia kepada Islam. Ini adalah rahmat kepada orang kafir, yang ini menunjukkan bahwa rahmat umum kepada seluruh manusia, baik yang mu'min maupun yang kafir sesuai dengan kondisinya. Merahmati orang kafir, mengajak ke jalan yang benar, kemudian mengajak dia kepada keselamatan, merahmati kaum mu'minin dengan berusaha untuk memberikan kebaikan kepada nya, menashihatinya, memberikan menolong dia, membantunya ketika dia dalam kesulitan, ini adalah sifat dari rahmat yang diberikan kepada setiap mu'min.

Kaum mu'minin yang dirahmati Allah سبحانه وتعالى, maka marilah kita semua mengamalkan dari hadits yang mulia ini, yang akan membawa rahmat Allah سبحانه وتعالى yaitu ketika kita merahmati manusia, Allah akan merahmati kita semua karena sesungguhnya tidak ada balasan kebaikan-kebaikan.

الجزاء من جنس العمل

Bahwa balasan sesuai dengan dari perbuatan.

Semoga Allah سبحانه وتعالى selalu memberikan taufiq kepada kita, melunakkan hati kita untuk bisa menyayangi, merahmati seluruh manusia, semoga Allah memberikan karomah kepada kita dan memasukkan kita ke dalam surga Allah سبحانه وتعالى.

Ini yang bisa kita sampaikan. Semoga Allah memberikan faidah dari apa yang kita pelajari, dari ilmu kita dan mengamalkan, memberikan taufiq dan amal dari ilmu kita.

و آخر دعونا، الحمد لله رب العالمين.

والسلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar